Mengidap Diabetes Tetapi Tetap Makan Enak? Mana Bisa?

Setiap orang ingin makan enak tetapi tetap hidup sehat. Namun apakah bisa bila menderita diabetes? Jawabannya adalah tentu bisa, selama pola pengaturan makan tidak melebihi jumlah kalori yang sudah ditentukan. Pada pasien diabetes pengaturan pola makan sering salah, kadang kala pasien merasa bahwa dia tidak boleh ini itu termasuk makan nasi, hanya boleh makan kentang. Namun banyak yang salah kaprah, pasien tersebut akan makan kentang sesukanya tanpa memperhatikan asupan jumlah kalori. Akibatnya kadar glukosa darah tidak terkontrol dan komplikasi akibat diabetes sudah mulai dirasakan.

Banyak anggapan di masyarakat mengganti nasi dengan kentang atau ubi akan membuat kontrol glukosa darah lebih baik. Hal ini bisa saja benar karena jumlah serat pada kentang dan ubi lebih banyak sehingga dapat memperpanjang masa kenyang, serta jumlah kentang dan ubi yang dimakan tidak melebihi jumlah kalori yang dihitung berdasarkan kebutuhan tubuh. Namun bila jumlahnya melebihi kebutuhan maka glukosa darah akan tetap tinggi apalagi kentang atau ubi tersebut digoreng bukan direbus atau dikukus maka kadar lemak darah juga akan naik.

Selain itu ada anggapan lain dengan menyantap oatmeal atau havermut dapat membuat kontrol glukosa lebih stabil. Namun apa jadinya bila jumlah havermut atau oatmeal yang dimakan melebihi kebutuhan? Tentunya kadar glukosa darah juga akan meningkat drastis.

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Bila ditangani dengan baik dan benar maka pasien diabetes dapat berusia panjang dengan kualitas hidup yang baik. Makan enak selama menderita diabetes apakah memungkinkan? Jawabannya adalah memungkinkan selama makanan tersebut tidak mengandung kalori yang sangat tinggi. Karena bila pasien diabetes makan makanan dengan jumlah kalori yang tinggi tetapi memiliki kadar serat yang rendah, maka pasien tersebut akan cepat lapar dan akan makan lagi sehingga dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Bila pasien diabetes ingin memakan es krim atau kue boleh saja, selama jumlahnya tidak seperti orang yang normal dan jumlahnya hanya sekedar mencicipi atau dengan porsi yang kecil. Usahakan makan makanan tersebut tidak pada saat malam hari atau menjelang tidur untuk menghindari peningkatan kadar glukosa darah puasa pada pagi hari dan tidak boleh makan setiap hari. Selain itu obat-obatan yang digunakan juga harus rutin dikonsumsi termasuk injeksi insulin bila sudah menggunakan insulin.

Pengaturan pola makan yang terlalu ketat akan membuat penderita diabetes menjadi stress dan akibat stress juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Aturlah pola makan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan kalori. Makan banyak serat seperti sayuran dan buah yang tidak terlalu manis. Selain itu berolah raga dengan intensitas yang sedang serta rutin dilakukan minimal seminggu 3 kali dapat membantu kadar glukosa darah tetap stabil.

Jadi apakah penderita diabetes dapat makan enak? Jawabannya adalah bisa selama penderita diabetes disiplin dalam menjalani pengobatannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s