Sering sit up, tapi perut gak six pack…

six packAnggapan yang melekat pada orang yang menginginkan perut rata bebas lemak atau bahasa kerennya six pack adalah dengan melakukan sit up. Tetapi apakah benar dengan latihan sit up yang bertujuan mengencangkan dan membesarkan otot-otot perut dapat menghilangkan lemak perut? Jawabannya adalah belum tentu. Mengapa?

Berdasarkan penelitian pada Journal strength and condition research 2011 meyatakan bahwa latihan perut saja tidak efektif menghilangkan lemak perut. Latihan perut hanya akan membentuk otot perut lebih besar tetapi tetap tidak terlihat karena tertutup oleh lemak perut. Penelitian tersebut melibatkan 24 orang (14 pria dan 10 wanita) yang melakukan 7 jenis latihan perut sebanyak 2 set masing-masing 10 kali selama 5 hari selama 6 minggu ternyata tidak efektif menghilangkan lemak perut dibandingkan dengan kontrol.

Penelitian lain pada jurnal Research quarterly for exercise and sport tahun 2013 yang  dilakukan pada 13 orang yang melakukan sit up selama 5 hari per minggu selama 27 hari. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada penurunan lemak tubuh dan lemak perut yang bermakna dibandingkan kontrol.

Lemak perut dapat diturunkan dengan cara pengaturan pola makan yang benar yaitu dengan mengurangi jumlah karbohidrat dan lemak secara bermakna serta diet tinggi protein dan serat yang dapat membuat rasa kenyang. Bukti klinis menyatakan bila pada pola diet ditambahkan jumlah protein sebesar 25% maka dapat meningkatkan rasa kenyang sebesar 60%. Selain itu berolah raga seperti latihan intensitas sedang dan berat seperti aerobik dan latihan beban dapat membakar jumlah kalori sehingga dapat mengurangi lemak tubuh dan juga lemak perut.

Metode High Intensity Intermittent Exercise (HIIE) diyakini dapat menurunkan lemak lebih baik dibandingkan dengan metode aerobik tradisional. Metode ini menggunakan latihan yang high intensity dalam waktu tertentu misalnya berlari sprint selama beberapa menit dan kemudian diikuti dengan latihan yang moderate seperti jalan cepat atau jalan santai pada saat masa recovery, kemudian dilakukan berulang-ulang hingga 30 menit.

Jadi sekarang jelas, mengapa orang yang sudah melakukan sit up berulang-ulang tetapi lemak perut tetap ada. Ingat makanan tetap berperan penting dalam hal deposit lemak tubuh, maka mulailah atur pola makan agar perut tidak menjadi buncit dan tidak perlu sit up sampai kelelahan dan perut sakit. Selamat Diet!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s