Sarapan pagi penting nggak sih?

nasgor

Setiap orang memiliki respon berbeda-beda bila ditanyakan penting tidaknya sarapan. Ada yang bilang tidak penting karena tidak biasa makan pagi. Tetapi ada juga yang mengatakan : sarapan penting banget.. kalau nggak sarapan kepala bisa pusing, apalagi kalau kerjaan lagi banyak.

Sebenarnya penting nggak sih sarapan pagi?

Pada saat tidur tubuh kita tidak mendapat masukan makanan kurang lebih selama 6 hingga 8 jam bahkan lebih pada orang yang jam tidurnya banyak (tentunya tidak dianjurkan kebanyakan tidur). Saat tubuh kita tidak mendapatkan makanan maka apa yang terjadi? mengapa kita bangun pagi kita tidak merasa sakit kepala atau pusing seperti pada saat kita tidak sarapan atau makan siang. Jawabannya karena pada saat tidur hati kita memproduksi glukosa yang diperlukan untuk nutrisi sel-sel tubuh kita sehingga kadar glukosa darah kita tetap dalam keadaan normal dan tidak turun atau hipoglikemia. 

Bila kita tidak sarapan pagi maka tidak ada nutrisi yang masuk karena selama kita tidur kita berpuasa. Sedangkan kita harus melakukan aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Apalagi kalau aktivitas kita memerlukan energi yang tinggi.  Sehingga bila kita tidak sarapan maka otak akan kekurangan glukosa akibatnya dapat mengganggu konsentrasi, mood dan fungsi memori. Selain itu bila kita tidak sarapan juga dapat membuat kerja otot menurun karena otot juga memerlukan glukosa sebagai sumber energi untuk berkontraksi dalam melakukan aktivitas dan badan menjadi kurang fit. Bahkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh The Endocrine Society tahun 2018 menyatakan bahwa sarapan tinggi kalori dapat mengurangi berat badan, memperbaiki diabetes dan mengurangi penggunaan insulin. Tentunya diikuti dengan makan siang porsi sedang dan makan malam yang lebih sedikit.

Sarapan yang baik itu seperti apa?

Ahli nutrisi menyatakan bahwa sarapan harus dilakukan dalam kurun waktu 2 jam sejak bangun tidur dan sarapan sebaiknya 20-35% dari kebutuhan kalori harian. Menu sarapan harus mencakup kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Jadi bukan melulu karbohidrat misalnya hanya makan mie instant atau roti dengan selai.

Jadi jelas bahwa sarapan itu penting dibandingkan dengan makan siang apalagi makan malam. Sesuai dengan namanya dalam bahasa Inggris Breakfast dari kata Break dan Fast yang artinya kurang lebih berbuka puasa. Selamat sarapan!

 

2 thoughts on “Sarapan pagi penting nggak sih?

  1. Aditya

    Sungguh suatu artikel yang sangat bermanfaat dan banyak menjawab pertanyaan dari kita kita yang awam tentang kesehatan
    Thanks atas artikel nya Dr Hery

    Like

    1. Terima kasih Aditya atas respon anda, semoga tetap membaca dan share bila berkenan pada rekan-rekan anda agar informasi kesehatan ini bermanfaat juga bagi orang lain

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s