Berat badan normal, tetapi perut kok buncit?

perut buncitSering kita dengar keluhan teman atau keluarga kita yang mengalami hal demikian. Mengapa sih perut kita bisa buncit padahal berat badan kita normal? Ternyata ada penjelasannya sobat healthy. Mengukur berat badan normal dapat diukur dengan rumus sederhana yaitu dengan rumus Broca : Tinggi Badan (TB) – 100

kemudian dikurangi lagi 10% dari hasil perhitungan tadi. Misalnya seorang wanita tinggi badan 165 cm, maka berat badan ideal adalah TB 165 – 100 = 65 – 6,5 = 58,5 kg. Nah berat badan ideal wanita tersebut adalah sekitar 58,5 kg. Tetapi ternyata wanita tersebut memiliki berat 57 Kg, tentunya berdasarkan perhitungan tadi sudah ideal bukan? Ternyata setelah kita ukur lingkar perut wanita tersebut ternyata menunjukkan angka 87 cm. Berapa sih batas normal lingkar perut kita? Jawabannya adalah kisaran normal lingkar perut untuk pria adalah < 90 cm dan wanita < 80 cm. Bila kita lihat wanita di atas ternyata walaupun berat badannya normal atau ideal tetapi lingkar perutnya tidak normal atau buncit. Kondisi demikian disebut dengan obesitas sentral.

Obesitas sentral sangat berisiko mengganggu kesehatan. Kondisi yang paling sering ditemukan pada orang dengan obesitas sentral atau perut buncit adalah tingginya kadar trigliserid dan total kolesterol serta LDL, mengapa demikian? Penjelasannya begini sobat healthy, makanan yang kita makan sebagian berasal dari karbohidrat dan lemak. Kalau kita makan tinggi karbohidrat atau lemak, maka karbohidrat akan dikonversi menjadi cadangan lemak dalam bentuk trigliserid dan tentunya lemak yang kita makan juga akan segera disimpan di dalam sel lemak atau adiposit. Lemak tersebut paling sering disimpan dalam lemak viseral atau lemak organ dalam perut. Apakah ada bahaya kalau lemak perut atau lemak viseral kita berlebihan? Tentu saja, lemak viseral yang berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi dan banyak lagi.

Lemak viseral memang paling sulit untuk dihilangkan, walaupun sobat healthy sudah berolah raga namun terkadang penurunan lemak perut tidak begitu signifikan. Ternyata bahwa olah raga saja tidak cukup untuk menurunkan lingkar perut. Tentunya diet rendah karbohidrat dan lemak juga sangat dianjurkan, karena makanan menyumbang sekitar 80% dalam hal meningkatkan berat badan kita.

Sekarang jadi jelas kan, mengapa ada orang yang berat badannya normal tetapi perutnya tetap buncit. Jadi bila ingin perut tetap langsing jangan tergiur dengan makanan yang enak-enak terutama makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi. Ingat makanan tinggi karbohidrat atau makanan manis itu bersifat adiksi atau ketagihan lho… Sebaiknya sobat healthy harus mulai hati-hati dalam memilih makanan karena belum tentu makanan tersebut perlu untuk tubuh kita dan hanya memanjakan lidah kita yang hanya beberapa menit di dalam mulut. Salam sehat!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s