Mengapa gemuk itu tidak sehat?

obesitySetiap orang, terutama wanita, apalagi yang sering memperhatikan penampilan paling takut berat badannya bertambah. Iya kan? Namun, pada sebagian orang peningkatan berat badan tidak dianggap suatu masalah, atau bahkan suatu berkat. Pendapat demikian sah-sah saja selama orang tersebut menikmati hidup. Tetapi tahu gak sobat healthy?

bahwa secara medis peningkatan berat badan, apalagi sampai masuk kategori overweight apalagi sampai obesitas itu tidak sehat. Tentunya sobat healthy sudah tahu ya tentang hal ini, namun tidak ada salahnya kalau saya jelaskan sedikit tentang mengapa gemuk itu tidak sehat?

Begini ceritanya…

Setiap orang gemuk terdapat penumpukan lemak pada sel-sel lemak di dalam tubuh.. ya jelaslah… mungkin anak kecil juga tahu… tetapi tahu gak sobat healthy bahwa akibat penumpukan sel-sel lemak maka sel-sel lemak tersebut bisa mengeluarkan senyawa tertentu yang dapat mengganggu sel-sel tubuh lainnya. Misalnya, contoh : akibat penumpukan sel lemak yang terlalu banyak maka sel-sel tersebut mengeluarkan faktor-faktor peradangan atau inflamasi (sitokin) seperti interleukin, namanya agak susah ya sobat healthers, nah sitokin inilah yang dapat merusak reseptor insulin pada sel tubuh.

Apa sih reseptor insulin itu?

Reseptor insulin adalah suatu molekul protein yang berfungsi menangkap insulin yang dikeluarkan oleh organ Pankreas di dalam sistem pencernaan kita. Nah insulin itu sendiri apa? Insulin adalah suatu hormon yang berfungsi mengatur kadar glukosa/gula darah kita. Tujuannya adalah agar glukosa yang didapat dari makanan yang kita makan dapat digunakan oleh sel tubuh kita sebagai sumber energi. Bila insulin itu menempel pada reseptor insulin di permukaan sel tubuh, maka sel tubuh tersebut dapat membuka saluran yang dapat memasukkan glukosa yang kita makan ke dalam sel untuk proses pembakaran/oksidasi menjadi energi sehingga kita dapat hidup dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Bila reseptor insulin itu rusak maka insulin tidak dapat menempel akibatnya saluran glukosa pada sel tidak membuka sehingga glukosa yang didapat dari makanan tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh. Kondisi ini disebut dengan Resistensi Insulin. Resistensi Insulin ini akan meningkatkan kadar glukosa darah kita sehingga bila kita biarkan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit Diabetes.

Bila kita sudah terkena penyakit Diabetes maka hal tersebut sudah terlambat.. Karena penyakit Diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan komplikasi yang mengerikan yang membuat penderitanya cacat atau bahkan meninggal. Serem kan?

Selain itu mengapa gemuk itu tidak sehat, penumpukan lemak yang terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit lain selain Diabetes, misalnya : gangguan pernapasan, kadar kolesterol yang tinggi sehingga bisa mengakibatkan stroke, penyakit jantung koroner, radang sendi (osteoartritis) akibat sendi lutut tidak kuat menahan beban tubuh. Akibat kegemukan yang paling menakutkan yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Nah jadi jelas kan, kalau gemuk itu tidak sehat, walau sebagian orang menyatakan bahwa gemuk itu indah…. Namun pilihan tetap pada sobat healthers sendiri. Kalau mau sehat sebaiknya segera turunkan berat badan sampai batas normal. Untuk tipsnya saya akan jelaskan pada artikel selanjutnya. Jadi ikuti terus artikel saya dan semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat healthy semua.. Salam Sehat!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s